Dinas Sumber Daya DKI JAKARTA

PENCARIAN INFORMASI

Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta

Form Pencarian

# Daftar Informasi Publik Kategori Download Keterangan
1 TPM Mendapatkan Pembekalan, Pendampingan dan Pengawasan P3A Lebih Efektif Secara Berkala Download

Pidie - Balai Wilayah Sungai Sumatera - I bekerja sama dengan Komunitas Peduli Sungai Tangse (KOMPESTA) menggelar acara Festival Sungai Tangse dengan tema “Ngon Tajaga Krueng, Takeubah Ie Keu Aneuk Cuco (dengan kita menjaga sungai, kita simpan air untuk anak cucu)”, di Krueng Meuriam Kec. Tangse, Kab. Pidie pada tangal 6-7 Juli 2019.

Acara ini dihadiri Kepala Subdit Operasi dan Pemeliharaan Sungai dan Pantai Ditjet SDA Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera-1, Kasie dan Kasatker Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 serta jajarannya, Asisten II Kabupaten Pidie, Camat Kec. Tangse, Kepala Polsek Kec. Tangse, serta Danramil Kec. Tangse. Hadir juga beberapa Narasumber yang akan memaparkan materi tentang sekolah sungai, diantaranya Bapak  Moch. Amron yang merupakan Mantan Ditjen SDA, Bapak Agus Maryono, Tenaga Ahli bidang Restorasi Sungai Universitas Gajah Mada dan Usman Firdauz yang merupakan Pemerhati Sungai Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci).

Kegiatan ini merupakan lanjutan acara Peringatan Hari Air Dunia yang ke-XXVII Tahun 2019 dengan tema "Semua Harus Mendapatkan Akses Air", setelah sebelumnya Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 telah melaksanan kegiatan Lomba Mewarnai dan Bersih-bersih Sungai, Seminar Hari Air Dunia, dan Aksi Pemenuhan Air Baku di Kab. Aceh Besar. Kegiatan Festival Sungai Tangse dilaksanakan bersamaan dengan beberapa kegiatan seperti Penanaman Pohon dan Tabur Benih Ikan, Sekolah Sungai, Kuliner Tangse, Penilaian Sungai Terbersih dan River Tubing. Penanaman pohon dilakukan di bantaran sungai Tangse yaitu Krueng Meuriam.

Dalam sambutannya, Kepala BWS Sumatera 1 menyampaikan pemanfaatan sungai sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup. Maka dari itu BWS Sumatera 1 selaku perpanjangan tangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Khususunya dalam pengelolaan sumber daya air di Provinsi Aceh, beberapa tahun belakangan ini telah mengupayakan penciptaan keselarasan dalam kemitraan pengelolaan sungai dengan melibatkan unsur Pemerintah, Perguruan Tinggi, dan Komunitas Peduli Sungai yang berunsurkan masyarakat khususnya untuk wilayah sungai Kewenangan Pemerintah Pusat yang ada di Provinsi Aceh.

Kepala BWS Sumatera 1 mengapresiasi penyelenggaran Festival Sungai Tangse yang bertujuan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat khususnya di Kec. Tangse dalam rangka pelestarian sungai dengan pelaksanaan aksi bersih sungai, penghijauan bantaran sungai dan eduksi kepada masyarakat.

BWS Sumatera 1 juga siap mendukung pelaksanaan kegiatan terutama dalam proses koordinasi dan materi pelaksanaan kegiatan.